Tugas Makalah
Pengantar Bisnis
Pemasaran
Disusun oleh: Kelompok 6
Abdillah Hafif
Arum Andiyani
Biru Ayu Kartika
Farida Rahmanty
Rechta Qadis Reihana
Daftar Isi
KATA
PENGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Tujuan
Metode
Penulisan
BAB
II PEMBAHASAN
BAB
III PENUTUP
Kesimpulan
STUDI
PUSTAKA
Kata Pengantar
Puji syukur
kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya
kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa kami
ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan
dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman
Bab I
Pendahuluan
Latar Belakang
Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya selera
masyarakat, banyak perusahaan-perusahaan berusaha mencari siasat untuk tetap
mengembangkan usahanya dan menambah omset keuntungnya. Salah satunya yang akan
kita bahas dalam makalah ini yaitu tentang pemasaran. Membahas lebih jauh
tentang pemasaran. Pemasaran merupakan suatu bentuk kegiatan ekonomi untuk
menambahkan nilai ekonomi pada suatu perusahaan.
Tugas
Tujuan dalam
penulisan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas dan menambah pengetahuan
agar diharapkan bermanfaat bagi kita semua.
Metode Penulisan
Penulis
menggunakan metode studi pencarian dengan jalur internet. Dalam metode ini penulis mencari informasi yang berkaitan dengan penulisan makalah ini.
Pemasaran
Definisi Pemasaran
Pemasaran atau Marketingadalah proses penyusunan komunikasi terpadu
yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang ataujasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia.Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang
kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia
membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada
segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya
ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu
misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia
ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga
dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price),
pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang
bekerja dibidang pemasaran disebutpemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam
konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Sejarah Pemasaran
& Pemikiran Marketting
Seiring
dengan perkembangan ilmu ekonomi.Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ilmu
ekonomi modern turut dipengaruhi oleh perkembangan kebudayaan masyarakat
khususnya teknologi. Revolusi industri yang dipelopori oleh James Watt dgn
penemuan mesin uapnya, telah mengubah tatanan masyarakat yang tadinya
berorientasi agraris menjadi berorientasi industrialis. Hal ini ditandai dengan
pembangunan pabrik-pabrik yang digerakan tidak lagi oleh manusia, tetapi juga
oleh mesin, kapasitas produksi yang semakin besar dan meningkatnya kebutuhan
masyarakat. Revolusi industri juga membawa pengaruh penting dalam perkembangan
ilmu ekonomi secara umum. Sistem ekonomi misalnya yang tadinya berorientasi
merkantilis dan phisiokrasi, sekarang beralih ke kapitalis di bawah panji
pemikiran Adam Smith.
Sebagai
ilmu sendiri lahir karena berbagai faktor:
§
Keberadaan Ilmu Ekonomi Sebagai Bagian dari Ilmu-Ilmu
Sosial
Ilmu
ekonomi mau tidak mau tidak bisa melepaskan diri dari esensinya sebagai ilmu
sosial. Sebagai ilmu sosial peran dasar ilmu ekonomi adalah menganalisis dan memecahkan
masalah-masalah sosial masyarakat yang berhubungan dengan ekonomi. Pemecahan
ini tidak selalu dapat dipecahkan secara makro. Pemecahan secara mikro jelas
dibutuhkan. Orang per orang baik secara individu ataupun kelompok membutuhkan
pemecahan atas masalah mereka secara individualized. Pemecahan ini tentu saja
membutuhkan analisis yg tidak saja bersifat teoritis-matematis seperti dalam
ilmu ekonomi, tetapi membutuhkan analisis yang benar-benar sesuai dengan
tantangan ruang dan waktu serta konteks masalah pada saat itu.
§
Kegagalan Ilmu-Ilmu Dasar Ekonomi.
Ilmu-ilmu
dasar ekonomi terutama ilmu Ekonomi makro dan ekonomi mikro telah dianggap
gagal memecahkan dan menganalisis masalah-masalah ekonomi yang terjadi.
Beberapa teori dasar dalam ekonomi mikro seperti hukum permintaan, teori
kepuasan marginal, teori perilaku konsumen dan sebagainya, dianggap tidak
memadai untuk menjelaskan kompleksitas permasalahan-permasalahan aktual
ekonomi.
§
Perkembangan masyarakat dan pola-pola kehidupan zaman.
Zaman
industri telah membuat perubahan yang signifikan dalam tatanan kehidupan
masyarakat, yang pada akhirnya disebut sebagai zaman modern. Tetapi perlu pula
disadari bahwa perkembangan masyarakat post-modern tidak lagi bertumpu pada
kelompok-kelompok masyarakat, tetapi pada kehidupan yang bersifat
individualized, hal yang kemudian dikenal sebagai era informasi. Perkembangan
marketing sebagai ilmu pada paruh kedua abad 20, turut dipengaruhi oleh para
pemikir futuristik yang telah memperkirakan arah perkembangan dunia menuju era
informasi tersebut.
§
Runtuhnya sistem komunisme dunia.
Sistem
komunisme yang pernah merajai sebagian belahan dunia sejak PD I dan berlanjut
pada PD II. Politik pada masa perang dingin pun mencerminkan adanya perbedaan
pandangan yang sangat mencolok antara kapitalisme dan komunisme, yang
sebenarnya berawal dari masalah ekonomi. Lebih tepatnya, secara filsafati
perbedaan tafsiran terhadap Injil Matius.
Dengan
runtuhnya sistem komunisme dunia, dunia menjadi terbuka bagi aktivitas ekonomi.
Negara-negara yang tadinya menganut sistem ekonomi komando, beralih untuk
memperlajari sistem ekonomi pasar, dan ilmu aplikatif yg paling digemari adalah
ilmu pemasaran. Buku-buku dari berbagai ahli di dunia barat mulai dibawah dan
diterjemahkan ke dalam bahasa setempat. Tidak terkecuali juga buku-buku
pemasaran, terutama buku dari begawan marketing dunia, Philip Kotler.
Selain
dari latar belakang lahirnya dan berkembangnya ilmu marketing, kita perlu
mengenal beberapa hal mendasar dalam sejarah marketing. Marketing jelas dimulai
dari kegiatan pertukaran entah antar pribadi dengan pribadi, kelompok dan
seterusnya. Pertukaran ini membutuhkan suatu konsensus bersama diantara pihak2
yang melakukan pertukaran tersebut. Tetapi pertukaran ini sendiri tidak dapat
disebut sebagai ilmu marketing. Karena sebenarnya kegiatan tersebut lebih
bersifat praktis ekonomi semata.
Marketing
lahir sebagai ilmu justru berawal dari ilmu periklanan (advertising). marketing
pertama kali diajarkan dalam kelas oleh ED. Jones pada tahun 1906 di University
of Michigan dan kemudian oleh Simon Litman di University of California pada
tahun itu juga. Marketing selanjutnya lebih dipandang sebagai ilmu distribusi
(distribusi masal), dan pengajarannya pun semakin luas pada
universitas-universitas terkemuka di Amerika Serikat. Sedangkan dipandang dari
sudut advertising, marketing sudah berkembang lebih dulu pada paruh terakhir
abad ke-19, melalui penerbitan buku-buku yang berhubungan dengan advertising.
Pada
masa-masa terkemudian, marketing diajarkan dengan tiga elemen utama, yaitu
advertising, selling dan distribution. Dan selanjutnya perlahan namun pasti,
unsur-unsur lain pun mulai dimasukan dalam pemikiran-pemikiran marketing. Di
antaranya, konsep konsumsi, perilaku pasar, dan seterusnya.
Empat masa marketting
Marketing tumbuh sebagai ilmu
modern, seperti dikenal pada saat ini, karena dorongan para ahli yang turut
serta menyumbang pemikiran di dalamnya. Para ahli ini dibagi dalam 4 kelompok
utama, yaitu:
1. Kelompok pendiri
adalah mereka yang melahirkan marketing sejak dari pertama, yang meletakan
dasar-dasar marketing seperti yang sudah disebutkan diatas, di mana marketing
memiliki 3 elemen dasar utama.
2. Kelompok akademisi, di antara mereka adalah Philip Kotler, Theodore
Levitt, dan lain sebagainya. Masa ini ditandai dengan pengembangan ke arah
modernisasi pemikiran marketing, dan pemanfaatan ilmu-ilmu lain yang relevan
dalam bidang marketing, seperti psikologi sosial.
3. Kelompok konsultan. Jumlah mereka cukup banyak. Pemikiran mereka tidak
semata-mata pada penelitian yang bersifat kuantitatif, tetapi lebih mengarah
pada pengamatan dan observasi yang bersifat subjektif. Di antara mereka ini
adalah Jack Trout dan Al Ries.
4. Kelompok praktisi, adalah mereka yang tadinya bekerja dalam bidang
pemasaran, pernah memegang jabatan tinggi bidang marketing di dalam suatu
perusahaan besar dan seterusnya. Pemikiran mereka lebih berorientasi kepada
pengalaman mereka pribadi selama mereka bekerja. Sehingga pemikiran mereka
bersifat aplikatif.
Pemisahan
ini pada dasarnya tidak bersifat permanent, karena ada juga kelompok akademisi
yang menjadi konsultan, praktisi dan lain sebagainya. Pemisahan ini dimaksudkan
untuk memahami kerangka berpikir marketing sebagai ilmu dengan lebih baik.
Gelombang-gelombang
baru teknologi dewasa ini, turut pula mempengaruhi perkembangan ilmu marketing.
Pemikiran-pemikiran mutakhir seperti CRM (Costumer Relationship Marketing),
Presicion Marketing, Marketing on the Internet, merupakan bukti bahwa
perkembangan marketing dipengaruhi oleh perkembangan teknologi khususnya dalam
bidang informasi dan komunikasi.
Bauran pemasaran
Karena
pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam
perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah
People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses).
Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.
Pemasaran
lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran
tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat
kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan
ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana
produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Strategi pemasaran
Strategi
pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi
pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini
juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan
besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk
mencapai tujuannya. Sehingga
dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi
pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu
memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran Menurut
W.Y.Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang
berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.[3] Berdasarkan definisi di atas, proses
pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang
akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1.
Konsumen
potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan
dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.
Perusahaan
dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan
pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari
penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk,
komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan
konsumen secara cepat.
3.
Mengenal
dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat
terjual dengan sendirinya.
Pada
umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan
bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai
berikut :
1.
Faktor
mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.
Faktor
makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan
sosial/budaya.
Berikut
ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut
pandang penjual :
1.
Tempat
yang strategis (place),
2.
Produk
yang bermutu (product),
3.
Harga
yang kompetitif (price), dan
4.
Promosi
yang gencar (promotion).
Dari
sudut pandang konsumen :
1.
Kebutuhan
dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2.
Biaya
konsumen (cost to the customer),
3.
Kenyamanan
(convenience), dan
4.
Komunikasi
(comunication).
Dari
apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa
pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus
kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang
berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen
(tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di
dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Bab III
Penutup
Dari
semua pembahasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan
penentu dari sebuah keberhasilan atau tidaknya sebuah produk dibuat. Dengan
kata lain, pemasaran dan segala hal yang meliputinya merupakan hal yang
important bagi para usahawan. Disamping penting, pemasaran jugalebih dipandang
sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih
banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada
berorientasi pada ilmu tertentu.
Dan
pemasaran ada karna satu tujuan yaitu memuaskan kebutuhan dan keinginan
konsumen (konsep pemasaran).
STUDI PUSTAKA
§ www.wikipedia.com